Wikipedia

Hasil penelusuran

Kamis, 28 November 2013

Kisah Sukses Seorang Wirausaha “Bakso Malang Cak Eko”





Tak perlukan gelar yang tinggi untuk menjadi  sukses, cukup dengan sikap tak pantang menyerah, itulah yang menjadi moto hidup dari Henky Eko Sriyantono yang kerap dipanggil Cak Eko ini. Dia adalah seorang wirausaha lulusan teknik sipil yang sukses di bidang kuliner yaitu bakso.  Kuliner ini dinamainya dengan “Bakso Malang Cak Eko” yang sekarang telah memiliki 101 gerai di seluruh Indonesia.
Dulu ia bekerja sebagai Kontraktor, tetapi ia menginnginkan membangun bisnis sendiri. Akhirnya mulai 1997 ia mengelola beberapa jenis usaha. Dari sini keuntungan yang diperoleh tidak cukup besar, usahannya pun tak sedikit yang gagal namun ia terus bertekad untuk terus membangun bisnisnya hingga menemukan usaha yang memang cocok, usaha di bidang kuliner.
Ide dalam usaha bakso ini berawal saat ia berada di Bandara Soekarno Hatta ketika ia melihat warung bakso yang sangat ramai pelanggan. Dari situlah muncul semangat untuk membangun usaha kuliner bakso ini dengan berbekal hobi masaknya saat di SMA.
Setelah ia mendapatkan rasa yang pas ia pun meminta temannya untuk mencicipinya dan teman-temannya menyukainya. Ia makin bersemangat, kedai pertama yang dibangunnya adalah difoodcourt yang bermodalal 2,5 jt. Tanpa di duga dalam waktu 7 bulan laba yang ia peroleh sangat besar. Dari keuntungannya itu, ia menambah kedai Bakso lagi di Tamini Square.
Dalam mengembangkan usahanya ia tak sendirian. Ia mengajak orang lain untuk bekerjasama untuk menjalankan waralaba Bakso Malang Cak Eko. Benar saja waralaba ini dapat menghasilkan keuntungan yang fantastic. Cak Eko sendiri mempunyai 4 kedai pribadi.
Tak hanya itu saja ia juga mengembangkan kuliner lain dikedainya sehingga para pelanggan tidak merasa jenuh dengan menu yang sama. Kira-kira dalam sehari omsetnya mencapai 5-15 jt seharinya. Dari sekian banyak kedai yang dimilikinya ia mendapatkan untung bersih sebesar  100 jt perbulannya.Nyatanya semua itu tak cukup baginya, ia berobsesi untuk go International. Ia ingin membuka 5 kedai di Singapura.
Baginya, kegagalan dalm berbisnis dikarenakan kesalahan mengolah keunangan dan dalam memiih rekan bisnis.Selain kedua factor tersebut untuk membuat bisnis kuliner menjadi sukses ialah mengutamakan rasa. Rahasia kelezatan bakso Cak Eko ini hanya diketahui oleh keluarganya saja.
Selain itu, dalam menjalani sebuah bisnis tidaklah ada yang instan. Semua nya membutuhkan usaha yang keras  serta kemampuan mengolah usaha tersebut haruslah berinovasi untuk menjaga kualitas produk yang dimiliki.
Setelah Cak Eko berhasil mengolah bisnis kulinernya ia pun saat ini mulai merambah pada bidang Laundry.
Itulah Kisah seorang Wirausaha yang kali ini mencertakan kesuksesan usaha Cak Eko dalam bidang kuliner. Dan berupaya untuk terus mengembangkan hingga go International. Semuanya ini tak akan berhasil tanpa kerja kerasnya dan usahanya.

Pertanyaan :
1.       Nama Wirausahawan tersebut
2.       Sifat Wirausahawan tersebut
3.       Usaha yang di lakukan supaya sukses
Jawab :
1.       Henky Eko Sriyantono
2.       sikap tak pantang menyerah
3.       membangun usaha kuliner bakso

Tidak ada komentar:

Posting Komentar